Pilih minuman yang tepat saat diet ya (dok. unsplash)

5 Tips Memilih Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

Selain memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, kita juga harus memperhatikan minuman yang akan kita konsumsi saat sedang menjalani diet. Yup, sadar tidak sadar, kita seringkali mendapatkan asupan lemak dari minuman yang kita konsumsi yang pada akhirnya membuat diet kita terhambat.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih minuman yang baik kamu konsumsi saat diet nih Teens:

1. Perbanyak minum air

Perbanyak minum air putih saat diet (dok. unsplash)
Perbanyak minum air putih saat diet (dok. unsplash)

Kalau tips yang pertama ini pasti kamu sudah dengar ribuan atau bahkan jutaan kali. Namun tidak jarang dari kalian yang sering lupa kalau air putih adalah minuman yang paling baik untuk kamu konsumsi baik saat diet ataupun tidak. Minum air putih ini ternyata juga membantu kamu untuk tetap merasa kenyang lho Teens. Caranya adalah dengan meminum air putih sebelum, selama, dan sesudah makan tapi ingat, dalam jumlah yang sewajarnya ya. Kalau kamu bosan dengan air putih, kamu bisa lho membuat varian minuman lain yang menyehatkan seperti teh jahe dan air lemon atau mentimun.

2. Pertimbangkan kafein

Kurangi konsumsi kafein (dok. unsplash)
Kurangi konsumsi kafein (dok. unsplash)

Kafein memang merupakan zat yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita, namun kafein seringkali disebut-sebut sebagai salah satu pendukung program diet yang sukses karena kemampuannya untuk menekan nafsu makan kamu. Beberapa orang memang berhasil menekan nafsu makannya dengan mengonsumsi kafein, tapi beberapa yang lain justru merasa semakin lapar begitu mengonsumsi kafein. Untuk itu kamu harus melakukan tes terlebih dahulu dengan meminum secangkir kopi atau teh merah polos (tanpa susu atau gula) dan lihat efeknya setelah beberapa jam.
Tapi harus selalu diingat ya Teens, mengonsumsi kafein secara berlebih akan berdampak buruk ke tubuhmu di kemudian hari. Oleh karena itu disarankan untuk tidak sering-sering mengkonsumsi kafein apalagi saat kamu sedang diet (perut tidak menerima asupan sesering biasanya).

3. Minum jus sayur

Jus sayur bagus banget kalian konsumsi saat diet (dok. pixabay)
Jus sayur bagus banget kalian konsumsi saat diet (dok. pixabay)

Tips ketiga adalah menjadikan jus sayur sebagai salah satu minuman wajib kalian. Program diet seringkali dijadikan sebagai salah satu fase bagi banyak orang untuk memperbaiki pola hidupnya, nah, salah satunya adalah dengan mempertimbangkan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk kamu yang bosan dengan mengonsumsi sayur sebagai makanan berat, kamu bisa menjadikannya sebagai jus. Tidak hanya menyehatkan, jus sayur ini juga akan membuat kamu kenyang lebih lama lho.

4. Jangan konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengganggu diet kita lho, Teens. Minuman beralkohol ternyata bisa memperlambat metabolisme tubuh kita dan menaikkan kadar lemak dalam tubuh. Nggak hanya itu, biasanya minuman beralkohol juga tinggi kalori. 

5. Minum teh hijau

Teh hijau memang sudah sejak lama menjadi salah satu pilihan minuman bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. hal ini karena teh hijau mengandung EGCG, yaitu sebuah nutrisi yang meningkatkan produksi hormon sehingga akan membuat kamu merasa kenyang (walaupun sebenarnya kamu sedang lapar). Tidak hanya itu saja, meminum teh hijau setiap hari juga akan membantu proses pencegahan penyimanan lemak oleh tubuh.

Nah kalau lagi diet, coba terapkan 5 tips di atas dalam pemilihan minuman untuk diet, ya. 

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup