Ilustrasi // daringgourmet.com

Nikmatnya Nasi Minyak Batanghari Jambi, Kembarannya Nasi Kebuli

Nasi kebuli khas Timur Tengah punya saudara di Indonesia yaitu nasi minyak khas Jambi.

Mirip dengan nasi kebuli, nasi minyak khas Jambi ini dimasak dengan sepuluh rempah, dimasak menggunakan minyak samin, dan susu. Dikutip dari tempo.co, pakar kuliner William Wongso menyebutkan perbedaan kedua masakan tersebut adalah nasi kebuli dimasak bersamaan dengan rempah-rempahnya. Sedangkan nasi minyak khas Jambi hanya menggunakan air rebusan rempahnya saja.  

Nasi kebuli menjadi sajian kenegaraan saat Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud berkunjung ke Indonesia. William Wongso yang akrab disapa Om Will menyatakan sajian nasi kebuli masih terlalu dengan menu yang biasa disantap sang Raja di negara asalnya.

"Kalau saya yang diberi kesempatan untuk menghidangkan menu untuk Raja Arab, saya akan menyajikan nasi seperti nasi kebuli, tetapi dari Indonesia. Menu yang tepat adalah nasi minyak Batanghari Jambi," kata William Wongso kepada Tempo pada Kamis (2/2/2017).

Sebenarnya nasi minyak khas Jambi ni juga merupakan pengaruh dari kuliner Arab. Namun masakan ini sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bisa jadi referensi kuliner baru nih buat kalian, Teens. 


Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup