Apakah kamu sering mengalami sakit perut saat menstruasi? (dok. freepik)

Tak Perlu Obat-Obatan, Berikut 4 Cara Mudah Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Setiap wanita setidaknya pernah merasakan kram perut saat menstruasi. Rasa nyeri pada perut terkadang membuat kita jadi tidak fokus dan malas melakukan aktivitas apapun.

Kram perut sendiri seringnya disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang.

Banyak orang biasanya lebih memilih mengonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri. Padahal ada berbagai cara yang lebih mudah untuk mengatasi kram perut saat haid, berikut 4 diantaranya!

Berlatih Yoga

Nyeri atau kram perut saat haid bisa kamu atasi dengan rajin berlatih yoga. Berlatih yoga sendiri tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, namun juga bisa mengurangi rasa sakit pada perut saat menstruasi atau pun sebelumnya.

Berlatih yoga dapat menjadi salah satu cara meredakan rasa sakit saat menstruasi (dok. unsplash)
Berlatih yoga dapat menjadi salah satu cara meredakan rasa sakit saat menstruasi (dok. unsplash)

Hindari Kafein

Ada beberapa makanan dan minuman yang wajib dihindari saat menstruasi, termasuk minuman yang mengandung kafein. Pasalnya, minum minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh kita. Sehingga, rasa nyeri pun justru bertambah parah.

Hindari konsumsi kafein berlebih (dok. unsplash)
Hindari konsumsi kafein berlebih (dok. unsplash)

Kompres Air Hangat

Kram perut biasanya membuat kita jadi ingin terus berbaring di tempat tidur. Jika sudah seperti itu, cobalah mengkompres perutmu dengan botol yang diisi air hangat. Hal itu dikarenakan air hangat tersebut dapat meningkatkan aliran darah di bagian rahim.

Hindari Makanan Cepat Saji

Ketika perutmu merasa nyeri saat haid, ada baiknya kamu menghindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti makanan cepat saji. Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang mengandung vitamin B1, B6 dan E. Makanan dengan asupan vitamin tersebut dapat berangsur-angsur menghilangkan nyeri pada perutmu.


Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup