Apakah kamu kecanduan main game? (dok. unsplash)

Kecanduan Bermain Game Ditetapkan sebagai Gangguan Kesehatan Mental oleh WHO

Bermain game di gadget untuk mengisi waktu luang, wajar kita lakukan ya, Teens. Namun siapa sangka, di balik kegiatan yang sepertinya tidak berbahaya tersebut ternyata ada banyak orang yang jadi kecanduan bermain game.

Tak cuma anak-anak, permainan yang makin bervariasi dan makin menarik, rupanya juga bisa membuat remaja dan orang dewasa tidak bisa lepas dari bermain game.

Apa game favorit kamu, Teens? (dok. unsplash)
Apa game favorit kamu, Teens? (dok. unsplash)

Oleh sebab itu, Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan kecanduan bermain game menjadi sebuah gangguan kesehatan mental. Bagian Klasifikasi Penyakit Internasional WHO yang bernama ICD mendefinisikan kecanduan game digital dan video sebagai pola perilaku permainan yang terus-menerus atau berulang. Seseorang akan mendahulukan bermain game daripada kegiatan lain yang lebih penting.

Shekhar Saxena, seorang pakar WHO tentang kesehatan mental dan penyalahgunaan zat mengungkapkan kalau penelitian global banyak menemukan gamer yang bermain hingga 20 jam sehari. Kecanduannya tersebut sampai mengganggu waktu untuk tidur, makan, bekerja atau sekolah dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Apakah kamu termasuk yang kecanduan game? (dok. unsplash)
Apakah kamu termasuk yang kecanduan game? (dok. unsplash)

Sementara itu, Koalisi Video Games yang merupakan kelompok industri pengembang game internasional menyatakan kalau produk buatan mereka sebenarnya tidak berbahaya dan aman dimainkan oleh setiap orang. Mereka juga mengklaim kalau produknya mengandung nilai pendidikan, terapi, dan rekreasi.

Oleh sebab itu, pihaknya mendesak WHO untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dalam menetapkan kecanduan bermain game sebagai salah satu jenis gangguan mental. Kalau menurutmu gimana, Teens?


Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup