Mengembangkan Potensi di SMK, Apa Saja Jurusan Unggulan yang Diminati?

Bagi kamu yang duduk di tingkat akhir Sekolah Menegah Pertama (SMP) memikirkan kelanjutan pendidikan bisa menjadi hal yang membingungkan.

Ada yang dengan yakin dan tegas menyatakan ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA), ada pula yang lebih berminat masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ada pula yang pasrah dan tidak terlalu ambil pusing mau melanjutkan kemana.

Sebenarnya, penting banget loh untuk mempersiapkan diri dan mengetahui pilihan yang akan kamu ambil karena pastinya juga mempengaruhi keputusan yang akan kamu ambil untuk jenjang karir di masa depan.

Nah, bagi kalian yang memiliki bakat dan potensi di bidang tertentu bisa mulai mengembangkannya melalui pilihan SMK. Sebab melalui SMK, minat, bakat dan potensi dapat digali lebih dini dan diaplikasikan secara lebih mendetil.

Salah satu daerah di Indonesia yang mengembangkan dunia pendidikan berbasis kejuruan merupakan Kudus, Jawa Tengah. Sejak tahun 2007, jumlah murid di jenjang SMK terus mengalami peningkatan.

Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Kudus bersama Djarum Foundation menyelenggarakan SMK WEEKEND yang bertujuan mengenalkan lebih dalam kepada masyarakat mengenai beragam jurusan yang ada di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.

Sebanyak 27 SMK berpartisipasi dalam penyelenggaraan ini dengan menampilkan 28 jurusan yang tersedia, dimana 8 diantaranya menjadi jurusan unggulan yang didukung penuh oleh Djarum Foundation.

Berikut beberapa jurusan unggulan di Sekolah Menengah Kejuruan yang bisa menjadi inspirasi bagimu untuk mengembangkan bakat, minat dan potensi diri setelah meninggalkan bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Teknologi Informasi

Penerapan kurikulum Cisco Networking Academy Program (CNAP) di SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, bertujuan untuk meningkatkan lulusan terampil dengan sertifikasi yang diakui seluruh dunia.

Kelautan
SMK Wisudha Karya menjadi satu-satunya sekolah pelayaran tingkat SMK di Indonesia yang memiliki fasilitas full mission bridge simulator. Melalui paket keahlian Nautika Kapal niaga, sekolah ini mempersiapkan perwira muda di bidang navigasi kapal niaga.

Sedangkan paket keahlian lainnya yang juga dikembangkan di bidang kelautan adalah Teknika Kapal Niaga. Dilengkapi dengan ruang mesin kapal, para calon perwira muda disiapkan untuk menjadi ahli pemesinan kapal niaga. Lulusan dari masing-masing paket keahlian tersebut akan memperoleh Certificate of Competency Class 4 yang diakui dunia internasional.

Tata Boga

Menerapkan kurikulum yang mewajibkan para siswa untuk sanggup menguasai minimal 30 ikon kuliner tradisional Indonesia. Nggak hanya itu, 3 murid terbaik bahkan berhasil mencetak prestasi membanggakan mewakili Indonesia di ajang bergengsi dunia Frankfurt Book Fair 2015.

Tata Busana

Suka merancang, menjahit dan memiliki minat di bidang busana atau fashion? Jurusan Tata Busana bisa menjadi jurusan yang kamu pilih.

Kamu nggak cuman belajar seputar berbagai hal di bidang tata busana, tapi kamu juga bisa mengembangkan potensimu untuk menciptakan busana layak pakai yang dapat ditampilkan ataupun dijadikan sumber pendapatan. Selain itu belajar berbisnis, membangun brand serta menyuguhkan karyamu ke masyarakat. Ditambah lagi keragaman kekayaan kain nusantara yang bisa kamu gali dan pelajari untuk menciptakan karya lokal berkualitas.

Seperti yang ditampilkan siswa siswi dari SMK NU Banat Kudus yang mempersembahkan koleksi busana hasil karya mereka melalui fashion show bertemakan "Urban Culture". Keren kan?

Berikut beberapa jurusan unggulan lain yang bisa menjadi pilihan kamu untuk Sekolah Menengah Kejuruan.

Sejak tahun 2012, Bakti Pendidikan Djarum Foundation bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kudus menjalankan program peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan. Program ini meliputi pengembangan kurikulum, pelatihan guru dan juga penyediaan infrastruktur sekolah. Gimana, berminat melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup