Cano Cristales, sungai 5 warna (dok. elpais)

Cano Cristales, Sungai Lima Warna di Kolombia

Keindahan sungai dengan kejernihan airnya mungkin sudah biasa. Tapi lain halnya dengan sungai yang ada di Kolombia. Sungai Cano Cristales adalah salah satu sungai unik dan menawan di dunia karena kita bisa melihat air yang berwarna merah, biru, kuning, oranye dan hijau. Fenomena warna cantik sungai ini disebabkan oleh sejumlah besar ganggang yang tumbuh subur pada dasar sungai. Warna hijau dari lumut, sedangkan warna merah, oranye atau kuning berasal dari spesies ganggang Macarenia clavigera. Alga ini persebarannya terbatas berada di daerah perairan Macarena.

Dikelilingi bebatuan alam dan daerah hujau yang subur, warna-warni cerah dari sungai benar-benar menyejukkan mata. Namun, keindahan sungai ini tidak bisa kita lihat sepanjang tahun. Tepatnya hanya selama pergantian musim hujan dan kemarau. Pada saat musim hujan, aliran sungai cukup deras sehingga menutupi dasar sungai yang dipenuhi ganggang. Saat pergantian musim yang singkat, suhu air menjadi lebih hangat karena sungai mendapatkan cukup banyak sinar matahari. Kondisi ini mendukung pertumbuhan ganggang sehingga seolah tampak bermekaran dan menujukkan warna-warni indahnya.

Cano Cristales dari atas (dok. BBC)
Cano Cristales dari atas (dok. BBC)

Waktu terbaik menikmati pemandangan sungai berjulukan Rainbow River ini adalah antara bulan Juli hingga Desember. Sedangkan pada bulan Januari hingga Mei, sungai ini ditutup untuk umum karena kondisi sungai mengering. Sehingga tampak seperti sungai pada umumnya. Selain itu, penutupan wilayah sungai pada musim kemarau juga bertujuan untuk melindungi dan memberi waktu ekosistem dikawasan Taman Nasional Serrania de la Macarena untuk 'beristirahat'.

Dikunjungi wisatawan sejak tahun 2000, cerita tentang keindahan Sungai Cano Cristales kian membuat banyak orang penasaran. Oleh kerena itu, saat ini ada banyak biro perjalanan wisata yang menawarkan kunjungan ke  Cano Cristales sebagai destinasi wisata terbaik di Kolombia. Akses jalan menuju sungai cantik inipun telah diperbaiki. Selain membuka jalan, pihak militer Kolombia menjamin keamanan turis di radius 30 km dari kawasan sungai.

Tertarik mengunjungi sungai Cano Cristales atau sungai 5 warna ini Teens? 

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup