Hindari 5 perbuatan ini agar tidak mengurangi pahala puasa di bulan Ramadhan. (dok. unsplash)

Yuk Hindari 5 Perbuatan Ini Agar Tidak Mengurangi Pahala Puasa

Mumpung kita masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tentunya kita harus lebih bersyukur nih Teens. Sebab, di bulan ini nilai ibadah kita akan menjadi berlipat ganda dan seharusnya kita berlomba-lomba untuk menabung pahala.

Akan tetapi tentu saja menjalani puasa dengan khusyuk nggak selamanya mudah dilakukan nih Teens. Apalagi kita sebagai manusia tentu saja masih sering melakukan kesalahan-kesalahan yang nggak kita sadari yang ternyata juga bisa mengurangi pahala puasa kita lho Teens.

Nggak mau kan pahala kita berkurang karena kita melakukan kesalahan yang nggak disadari? Jadi lebih baik kalian harus tahu apa saja hal yang bisa membuat pahala puasa kita berkurang berikut ini ya.

1. Berbohong

Berbohong memang salah satu perbuatan yang harus kita jauhi setiap saat. Sebab berbohong hanya akan merugikan kita dan orang lain. Oleh karena itu berbohong disebut menjadi perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa kita nih Teens.

Meskipun kalian berpikir kebohongan kalian hanya untuk hal sepele saja, tapi tetap saja perbuatan itu disebut dengan berbohong dan bisa merugikan kita di masa depan. Jadi mumpung sedang bulan puasa yuk belajar menjadi orang yang jujur ya Teens.

2. Membicarakan kejelekan orang lain

Nah, kebiasaan ngomongin orang juga harus kalian hindari di bulan puasa ini ya Teens. Meskipun niatnya kalian ingin membicarakan orang dengan apa adanya dan tak berbohong, tapi tetap saja jika kalian menyebutkan kejelekan orang lain maka hal itu juga akan mengurangi pahala puasa kita nih.

Jadi lebih baik kita selalu menjaga ucapan kita di saat bulan Ramadhan ini ya Teens.

3. Tak bisa menahan nafsu

Menjalankan puasa memang kita diharuskan untuk menahan nafsu kita. Jadi jika kalian nggak bisa mengontrol emosi atau nafsu kalian maka pahala puasa juga akan ikut berkurang.

Oleh karena itu lebih baik di bulan Ramadhan ini kita memiliki kegiatan positif sehingga kita juga akan lebih mudah mengendalikan emosi dan menghindari nafsu untuk melakukan hal tidak baik nih Teens.

4. Tidak mengerjakan shalat

Shalat adalah ibadah wajib bagi semuat umat Muslim. Jadi saat kita meninggalkan shalat tentunya kita sudah disebut telah melakukan dosa. Apalagi di saat bulan puasa seperti ini, jika kalian tidak melakukan shalat hanya karena malas maka tentu saja pahala puasa kalian akan berkurang nih Teens.

Mumpung masih di bulan puasa, yuk coba lebih rajin shalat ya Teens.

5. Melakukan sumpah palsu

Melakukan sumpah palsu di bulan puasa juga akan membuat pahala puasa kita berkurang nih Teens. Bagi kalian yang selama ini sering mengucapkan sumpah, apakah kalian benar-benar jujur dengan sumpah tersebut? Saat ini banyak orang yang sering mengucapkan kata sumpah tapi hal itu hanya dianggap remeh dan seperti bermain-main saja.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup