Mars Rover, batmobile NASA untuk menjelajahi Mars (dok. NASA Kennedy Space Center)

Mars Rover: Batmobile ala NASA untuk Menjelajahi Mars

Obsesi manusia untuk mendapatkan tempat tinggal baru di planet lain rupanya tak dianggap main-main oleh Misi Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Tak tanggung-tanggung, NASA memamerkan sebuah konsep kendaraan beroda enam bernama Mars 2020 Rover yang rencananya akan digunakan untuk menjelajahi Planet Mars. Kendaraan tersebut pertama kali dipamerkan saat acara "Summer of Mars" di Kennedy Space Center, California, AS, yang berlangsung 5 Juni-4 September.

Mars Rover dirancang oleh Parker Brothers Concepts, perusahaan modifikasi kendaraan yang berlokasi di Port Canaveral, Florida. Kendaraan super ini mencapai panjang 8,5 meter, mampu dipacu hingga 110 km/jam di Bumi atau 25 km/jam di Mars, serta digerakkan oleh motor listrik yang ditenagai baterai 700 volt dan panel surya.

Ada dua bagian di dalam Mars Rover, bagian depan dirancang untuk fokus pada pengamatan dan navigasi, sedangkan bagian belakangnya digunakan sebagai laboratorium untuk berbagai macam riset yang diperlukan untuk membangun koloni baru di Mars.

Sekilas, bentuk mobil roda enam milik NASA itu akan mengingatkan kita dengan Batmobile, kendaraan canggih yang digunakan Batman menjelajahi Kota Gotham. Selain itu, bagian depan Mars Rover terlihat mirip dengan pesawat tempur Lockheed SR-71 Blackbird. Rencananya, mobil tersebut akan dipamerkan di Kennedy Space Center hingga akhir Juni. Mars Rover juga akan diajak berkeliling di beberapa lokasi lain di Pantai Timur AS sepanjang Juli-Agustus.

Saat ini, empat kendaraan serupa namun dengan bentuk yang lebih sederhana dan ukuran lebih kecil telah diluncurkan ke Mars. Keempatnya merupakan kendaraan tanpa awak dan digunakan untuk menjajaki kemungkinan adanya kehidupan di planet tersebut.

NASA bahkan telah berencana untuk mengirimkan unit serupa pada Juli atau Agustus 2020. Sementara itu pengiriman astronaut ke Mars direncanakan baru akan dilakukan pada 2030 atau setelah NASA memperoleh data lengkap tentang kondisi di planet itu.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup