Ilustrasi. Ada rahasia dibalik umur panjang penduduk Pulau Giliyang (dok. Khairiyah Sartika @tikasyofian)

Rahasia Panjang Umur Penduduk Pulau Giliyang

Sudah pernah mendengar tentang Pulau GiliyangTeens? Beberapa pulau di dunia dinobatkan sebagai pulau dengan penduduk tersehat dilihat dari usia mereka. Selain Pulau Okinawa di Jepang, Pulau Ikaria di Yunani, Pulau Sardinia di Laut Tengah, ternyata salah satu diantaranya juga ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Giliyang.

Terletak di Madura, Pulau Giliyang termasuk salah satu diantara 126 pulau kecil berpenghuni di Kabupaten Sumenep yang dinobatkan memiliki udara dengan kandungan oksigen terbaik di dunia.

Berdasarkan penelitian, konsentrasi oksigen di Pulau Giliyang mencapai sekitar 21 persen, atau lebih tinggi 4,8 persen dibandingkan dengan daerah lainnya. Sedangkan kadar karbon dioksidanya lebih rendah dibandingkan derah lainnya yakni hanya mencapai sekitar 26 persen.

Kualitas oksigen yang baik membuat penduduk pulau ini memiliki kemungkinan hidup lebih sehat dan berumur panjang. Mayoritas penduduk Pulau Giliyang berusia lebih dari 80 tahun, bahkan tercatat ada yang berusia 175 tahun.

Meski rata-rata penduduknya berada di usia lanjut, kebanyakan mereka tetap tampak awet muda serta segar bugar, bahkan masih mampu melakukan aktivitas layaknya orang-orang di usia produktif. Menurut data penduduk setempat, jumlah lansia di Pulau Giliyang juga lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah lansia di daerah lainnya.

Selain karena udaranya yang bebas polusi, pulau yang dihuni 8.600 jiwa penduduk ini juga menawarkan pesona keasrian lingkungan yang masih sangat terawat dan pemandangan bawah laut memukau.

Terumbu karang yang minim kerusakan hingga beragam biota laut di habitat yang masih terjaga dapat kita lihat dengan bersnorkeling atau diving di perairan jernih yang terdapat di sekitar pulau. Tak heran, jika pemerintah daerah Madura merekomendasikan Pulau Giliyang menjadi salah satu destinasi wisata sehat terbaik yang bisa kita kunjungi.

Pulau Giliyang yang terletak di ujung timur Pulau Madura ini tidak sulit dijangkau. Kita bisa menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Dungkek dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Tertarik berwisata ke Pulau Giliyang yang juga terkenal dengan sebutan Thousand Nice Island ini, Teens?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup