Pulau berbentuk unik (dok. Istimewa)

6 Pulau Ini Punya Bentuk Paling Unik di Dunia

Menikmati pemandangan bumi dari ketinggian memang selalu membawa cerita tersendiri. Selain hamparan laut biru dan daratan yang tampak hijau, jika dilihat dari atas, pulau-pulau berikut ini punya bentuk unik. Apa sajakah? Ini dia: 

Pulau Smiley

Pulau Smiley (dok. Island Wonders)
Pulau Smiley (dok. Island Wonders)

Gugusan tiga pulau di wilayah Malaysia terkenal dengan sebutan Pulau Smiley karena bentuknya yang mirip emoticon smiley jika dilihat dari atas. Keunikan Pulau Manukan, Pulau Mamutik, dan Pulau Sulug yang  membentuk formasi wajah tersenyum ini seolah jadi ucapan selamat datang bagi siapa saja yang hendak mengunjungi Malaysia.

Pulau Lumba-lumba

Pulau Lumba-Lumba (dok. pinterest)
Pulau Lumba-Lumba (dok. pinterest)

Terletak di lepas pantai utara Pulau Flores, ada sebuah pulau dengan terumbu karang unik yang membentuk mirip lumba-lumba. Jika terbang dari Labuan Bajo dari ketinggian, kita bisa melihat dengan jelas bentuk pulau cantik ini seperti lumba-lumba yang berenang muncul ke permukaan.

Pulau Kuda Laut

Pulau Isabela (dok. whoi)
Pulau Isabela (dok. whoi)

Pulau unik lain di dunia adalah Pulau Isabela di Galapagos yang bentuknya menyerupai kuda laut dengan ekor yang meliuk. Awalnya tidak ada yang istimewa dari Pulau Isabela ini, hingga pada 2002 berdasarkan peninderaan jarak jauh NASA, baru tampak perubahan bentuk Pulau jadi mirip kuda laut. Perubahan unik ini disebabkan oleh peristiwa letusan gunung berapi sempat yang terjadi jutaan tahun lalu di Galapagos.

Pulau Snoopy

Pulau Snoopy (dok. DailyMail)
Pulau Snoopy (dok. DailyMail)

Jika dilihat dari ketinggian, Pulau Nishinoshima di Jepang mirip dengan tokoh kartun anjing Snoopy. Terletak di sebelah selatan Tokyo, bentukan unik pulau ini terbentuk akibat erupsi gunung berapi. Menariknya lagi diantara dua bentukan pulau yang membentuk kepala dan badan Snoopy terdapat kolam laut kemerahan, sehingga benar-benar tampak seperti ada kalung leher, mirip dengan yang digunakan Snoopy.

Pulau Love

Pulau Love (dok. EuroPics)
Pulau Love (dok. EuroPics)

Pulau Galesnjak, di lepas Pantai Kroasia memang sudah terkenal dengan bentuk hatinya yang hampir sempurna. Terletak tidak jauh dari Kota Turanj, pulau asri yang jadi milik pribadi inipun terkenal dengan sebutan Pulau Cinta. Sebutan ini semakin dikenal sejak Google Earth mencantumkannya pada peta digitalnya pada tahun 2009.

Pulau Mata

Pulau Mata (dok. Pinterest)
Pulau Mata (dok. Pinterest)

Tak hanya eksotis dengan kekayaan alam dan pemandangan pantainya, Maladewa juga punya satu pulau unik yang berbentuk seperti bola mata. Dari ketinggian kita bisa melihat bentukan serupa bola mata yang tampak jelas bagian irisnya. Pulau terumbu karang ini jadi terlihat begitu menarik di antara birunya laut.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup