Berkah Langit untuk Ramadhan di Indonesia (dok. Khairiyah Sartika @tikasyofian)

Berkah Langit untuk Ramadhan di Indonesia Tahun Ini

Karena perbedaan metode, waktu awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, juga Idul Adha sering juga tak seragam antar kelompok agama di Indonesia. Beruntungnya, tahun ini hal tersebut tidak terjadi.

Kebetulan, pada tahun ini dan beberapa tahun mendatang, posisi bulan di langit saat awal bulan komariah mendukung keseragaman hari-hari penting bagi umat muslim. Sampai tahun 2021, posisi bulan di lebih dari 2 derajat pada awal-awal bulan komariah atau yang juga dengan sistem penanggalan hijriah.

Fenomena tersebut ditegaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin. Ia menyatakan bahwa pada tahun 2017 hingga 2012, perbedaan penentuan hari-hari penting untuk umat Islam kemungkinan tidak akan terjadi.

Dengan demikian, sebagian besar pemeluk agama Islam di negara ini bisa merayakan awal bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha dalam waktu bersamaan.

Selama ini, umat muslim menentukan awal puasa dan Idul Fitri dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan perhitungan astronomi, sedangkan cara kedua adalah dengan pengamatan secara langsung. Saat melakukan pengamatan, bulan sabit atau yang umum disebut sebagai hilal, harus cukup tebal dan menonjol di tengah cahaya senja.

Selain itu, hilal harus cukup tinggi sehingga cahayanya tidak pudar oleh pengaruh matahari senja. Apabila kedua syarat tersebut dipenuhi, maka pertanda sudah masuk bulan baru alias menjadi penanda awal bulan komariah.

Perbedaan umumya muncul karena posisi bulan masih diantara 0-2 derajat sehingga tidak bisa teramati secara langsung. Sedangkan secara perhitungan astronomi, saat itu sudah masuk dalam waktu bulan baru atau awal bulan komariah. Pada awal Ramadhan tahun ini, posisi bulan diperkirakan sudah pada ketinggian 7-8 derajat dari ufuk sehingga akan mudah terlihat. Saat Lebaran nanti, ketinggian diprediksi 2-3 derajat.

Semoga dengan "berkah langit" ini, kesepakatan penentuan awal puasa Ramadhan, Lebaran, dan hari-hari besar keagamaan Islam jadi makin kompak ya, Teens.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup