Finland, salah satu negara yang berpuasa lebih dari 20 jam saat Ramadhan (dok. independenttraveler.com)

Puasa 20 Jam Lebih di Negara yang Mataharinya Tak Pernah Terbenam

Tahukah kamu, Teens, peganut agama Islam di Indonesia selayaknya lebih banyak bersyukur di bulan suci Ramadhan ini. Alasannya, umat Islam di Indonesia hanya perlu berpuasa, menahan lapar dan haus selama 13 hingga 14 jam. Hal ini sesuai dengan kewajiban berpuasa mulai saat fajar terlihat di ufuk timur, hingga matahari terbenam.

Lain halnya dengan umat Islam di negara lain misalnya Finlandia dan Swedia. Karena terletak di belahan bumi bagian utara, dekat dengan lingkaran Arktik, negara-negara tersebut memiliki anomali lama siang dan malam.

Di tempat tersebut, malam berlangsung lebih dari 20 jam dalam sehari saat musim dingin. Sedangkan saat musim panas, negara-negara tersebut hampir selalu terang sepanjang hari.

Pada tahun ini, matahari hanya terbenam selama 55 menit di Finlandia. Dengan demikian, mereka yang berpuasa Ramadhan di Finlandia memulai ibadah puasanya pada pukul 1.35 pagi dan selesai pada pukul 00:48 pagi. Jadi puasa berlangsung lebih dari 23 jam.

Dr Badul Mannan, imam lokal dan presiden Islam Society of Northern Finland menyatakan bahwa ada dua pendapat mengenai puasa lebih dari 18 jam. Pendapat pertama menyatakan bahwa jika waktu berpuasa lebih dari 18 jam, maka umat muslim di tempat tersebut bisa mengikuti waktu puasa di Mekkah atau Madinah, atau negara Muslim terdekat.

Sedangkan pendapat kedua menyatakan sebaliknya. Seberapa lama pun panjang waktu berpuasa di bulan Ramadhan, setiap orang yang menjalankan ibadah tersebut harus mengikuti waktu setempat.

Mayoritas umat muslim di Finlandia mengikuti pendapat pertama, sehingga mereka berpuasa sesuai waktu di Mekkah atau Turki yang dekat dengan Finlandia. Meskipun demikian, tidak semua orang nyaman mengatur waktu berpuasa seperti itu. Beberapa orang tetap merasa dilema, jika mengikuti jam berpuasa di Mekkah. Mereka khawatir bila puasanya tidak sah.

Serba salah juga ya, Teens?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup