Atur smartphone agar baterai lebih hemat (dok. Unsplash)

5 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Smartphone kita pasti sering digunakan untuk berbagai hal karena kemampuan multi tasking-nya. Oleh karena itu, tak heran jika kita sering kehabisan baterai. Paul Shearing, seorang insinyur kimia dari Universty College London baru-baru ini membagi tips untuk kita, pengguna ponsel pintar, agar baterai gadget kita tersebut tidak mudah habis. Berikut ini saran dari Paul yang sangat mudah untuk kita terapkan:

Mengatur tingkat kecerahan layar

Menggunakan telepon pintar dengan layar yang terlalu cerah, ternyata merupakan faktor utama baterai cepat habis. Selain itu, cahaya yang berlebihan dari layar ponsel ini juga dapat merusak mata. Karena itu, cobalah mengatur kecerahan atau pencahayaan layar smartphone-mu atau mengganti pengaturan otomatis penjadi mode hemat energi. Niscaya, layar akan meredup dan masa pakai bateraimu akan lebih awet.

Mematikan aplikasi yang tak digunakan

Aplikasi yang terus menyala atau dalam kondisi aktif akan menyerap daya baterai smartphone. Jika kebiasaan ini dibiarkan, baterai kita tentu akan cepat habis. Jadi, jangan lupa untuk keluar dari aplikasi atau mematikannya setelah selesai digunakan ya, Teens.

Meminimalkan notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan yang kita peroleh dari aplikasi-aplikasi  seperti media sosial atau email ternyata sangat berpengaruh ke tingkat keawetan daya baterai kita. Agar tidak menguras tenaganya, kita sebaiknya hanya menyalakan notifikasi yang penting seperti chat dan email. Bahkan, akan lebih baik jika kita mengatur agar semua notifikasi tak perlu muncul. Toh tiap menit, kita pasti mengecek aplikasi-aplikasi yang penting, bukan?

Mematikan fitur pendeteksi lokasi

Gadget kita tentu dilengkapi dengan fitur pendeteksi lokasi melalui GPS (Global Positioning System). Walau sangat berguna, fitur ini sebaiknya kita matikan untuk menghemat penggunaan baterai. Apalagi jika kita tidak sedang membutuhkannya, misalnya untuk tracking route atau share location.

Meminimalkan koneksi

Hal yang tak banyak orang sadari adalah akses internet menggunakan Wifi ternyata lebih hemat baterai dibanding menggunakan jaringan provider internet sesuai kartu seluler kita. Selain itu, koneksi bluetooth juga adalah salah satu penyedot tenaga terbesar di smartphone kita.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup