Fenomena puasa di Burj Khalifa (dok. curbed)

Berpuasa di Burj Khalifa: Satu Gedung, Tiga Zona Waktu

Burj Khalifa yang saat ini masih menjadi gedung tertinggi di dunia ternyata punya cerita unik di bulan puasa ini lho, Teens. Di tempat ini, kita bisa menemui tiga zona waktu berpuasa. Peristiwa ini disebabkan karena tingginya gedung Burj Khalifa. Walau berbeda, tiap zona hanya berbeda sekitar beberapa menit saja.

Pembagian zona puasa di gedung setinggi 828 meter dengan 160 lantai ini ditentukan oleh ketinggian posisinya. Setiap ketinggian naik 100 meter, waktu Maghrib akan mundur selama satu menit.

Sebab, pada tempat yang semakin tinggi maka ufuk terlihat semakin rendah. Hal sebaliknya berlaku untuk saat sahur. Semakin tinggi lokasi seseorang, maka akan semakin cepat waktu sahurnya. Hal ini disebabkan di lantai yang tinggi, fajar akan datang lebih awal.

Di Burj Khalifa, zona pertama meliputi lantai dasar hingga 80. Pada zona ini, lama waktu berpuasa sama seperti durasi puasa yang umum di wilayah tersebut. Zona kedua, lantai 81-150. Di zona ini, lama puasa bertambah sekitar dua menit dari durasi puasa pada umumnya. Zona ketiga adalah lantai 151 ke atas. Jika kamu berada di zona ini, lama puasanya akan bertambah sekitar tiga menit.

Unik ya, Teens fenomena puasa di Burj Khalifa?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup