T.O.P Bigbang (dok. Istimewa)

Cyber Bullying Bisa Berakibat Seperti Kasus T.O.P Bigbang

Dalam seminggu ini kalian para fans K-Pop pasti sudah tahu kan mengenai kasus dari T.O.P Bigbang yang cukup menghebohkan. Member Bigbang itu dinyatakan bersalah karena telah mengkonsumsi marijuana pada bulan Oktober tahun 2016 lalu.

Setelah beberapa kali melakukan penyelidikan, akhirnya T.O.P mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada para fans dan keluarga lewat sebuah surat tulisan tangan. Ia juga berjanji akan menerima segala hukuman yang akan diberikan padanya.

Perbuatan T.O.P itu membuatnya dikeluarkan dari kepolisian tempatnya bertugas menjalani wajib militer. Ia juga akan mengikuti sejumlah persidangan yang sudah dijadwalkan dan terancam akan mengulang wajib militernya kembali.

Pelantun Doom Dada itu memang telah berbuat kesalahan dengan merokok marijuana. Akan tetapi kesalahannya itu ditanggapi cukup berlebihan oleh sejumlah netizen di Korea hingga ia menjadi bahan bual-bualan para netizen.

Tak hanya menghujat, mereka bahkan melontarkan ucapan kasar yang membawa-bawa keluarga T.O.P. Bahkan, tak sedikit dari para netizen itu yang menyuruh rapper berusia 29 tahun itu untuk mengakhiri hidup karena dinilai telah melakukan kesalahan yang sangat fatal.

Dari situ ada hal yang bisa kita pelajari nih Teens. Memang apa yang dilakukan T.O.P Bigbang salah dan telah menyalahi undang-undang di Korea. Akan tetapi, cyber bullying yang dilakukan oleh para netizen juga sangatlah tidak benar karena hal itu berujung T.O.P yang haru berjuang dengan depresi hingga overdosis obat anti kecemasan.

Segala hujatan serta ujaran kasar dari netizen sepertinya tak bisa dihadapi lagi oleh T.O.P hingga akhirnya ia membutuhkan obat untuk menenangkan diri. Akan tetapi, hal itu harus berujung ia tak sadarkan diri hingga dibawa lari ke ICU.

Dari hasil konferensi pers yang dilakukan oleh para dokter yang menangani T.O.P pada Rabu (7/6/2017) lalu, ia dinyatakan masih belum sadar sepenuhnya serta pupil matanya masih belum merespon secara normal. Tubuhnya pun masih bisa merespon stimulan yang sangat kuat saja.

Dari sini bisa kita lihat kan Teens bagaimana bahaya dan seriusnya dampak dari aksi cyber bullying. Memang T.O.P Bigbang adalah seorang public figure jadi tentu saja semua orang akan menyorot dirinya di setiap tindakannya.

Tak hanya bisa berujung melakukan tindakan bunuh diri, cyber bullying juga bisa menyebabkan dampak buruk lainnya, antara lain:

1. Kondisi psikologi yang tak stabil hingga menyebabkan stres, depresi hingga tak memiliki rasa kepercayaan diri.

2. Takut bersosialisasi dan hanya ingin mengurung diri di kamar.

3. Tak sedikit para korban bullying juga akan menjadi pelaku bullying di masa depan.

4. Terserang berbagai macam penyakit kronis seperti serangan jantung hingga tekanan darah tinggi.

5. Jika dari kecil sudah menjadi korban cyber bullying,  maka saat dewasa ia beresiko bisa menjadi seorang kriminal untuk melampiaskan perasaan kesal mereka.

Setelah mengetahui banyaknya dampak buruk yang bisa terjadi akibat cyber bullying, jadi sebisa mungkin kita harus menghindari hal ini ya Teens. Tak hanya korban, bahkan pelaku cyber bullying tentunya akan mendapatkan sejumlah kerugian karena sudah ada undang-undang yang mengatur hukuman bagi para pelaku cyber bullying di Indonesia.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup