Internet begitu mudah diakses hingga bisa membuat kecanduan (dok. Khairiyah Sartika)

Aplikasikan Nonline agar Terhindar dari Bahaya Kecanduan Internet

Hidup di zaman serba modern, dengan koneksi internet tanpa kendala, memang terasa menyenangkan ya, Teens. Selain lebih mudah memperoleh informasi terkini dan lengkap dengan cepat, tersedia juga hiburan, juga kemudahan terhubung dengan banyak orang terutama melalui media sosial.

Dengan semua kemudahan itu, ada saatnya dunia maya tak lagi terasa menarik. Kita pasti pernah merasa capek hanya karena mengakses internet terus-menerus. Setiap orang juga punya cara masing-masing untuk mengatasi kelelahan akibat menggunakan internet tersebut. Misalnya, memutuskan untuk meninggalkan media sosial atau menghentikan semua aktivitas di dunia maya, termasuk untuk browsing atau bahkan berhenti memegang gadget.

Jika lepas sama sekali dari koneksi internet adalah hal yang sulit buat kamu, nonline mungkin bisa jadi solusinya. Nonline secara harfiah berarti tidak ditemukan, tidak tersedia, tidak dapat diakses, dan tidak dapat dihubungi melalui internet. Dengan melakukan nonline, kita tetap bisa mengakses internet namun terbatas. Misalnya menggunakan internet hanya untuk membalas email atau mengerjakan tugas sekolah.

Cara ini penting untuk kita lakukan secara berkala agar terhindar dari gangguan mental kecanduan internet. Seseorang dikatakan kecanduan internet apabila lebih banyak habiskan waktu di dunia maya, merasa kalau tak bisa hidup tanpa internet, marah dan panik bila koneksi internet putus, dan menggunakan internet sebagai cara untuk melepaskan depresi.

Nonline bisa mulai kita lakukan dengan cara menetapkan batas penggunaan internet, beserta daftar situs dan aplikasi yang kita gunakan. Selain itu, kita juga bisa meminta bantuan pada keluarga atau teman yang dapat memantau kegiatan nonline-mu agar disiplin, sesuai niatan awal.

Melakukan aktivitas fisik juga penting agar tak melulu memikirkan internet. Bila biasanya kita langsung membuka media sosial pada pagi hari, saatnya berubah. Kita bisa membereskan kamar, membantu menyiapkan sarapan, atau berolah raga untuk mengalihkan perhatian dari gadget. Temukanlah kegiatan yang menyenangkan di dunia nyata sebagai pengganti hiburan yang tersedia di internet. Bila perlu, kunjungi psikolog jika kecanduan internetmu tergolong parah dan membutuhkan bantuan dari ahli.

Gimana, berani mencoba mengaplikasikan nonline

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup