Maneki Neko, kucing pembawa keberuntungan (dok. Tofugu)

Maneki Neko, Kucing Lucu Pembawa Keberuntungan

Apakah kamu pernah mendengar soal Maneki Neko atau kucing pembawa keberuntungan? Kamu pasti pernah melihat toko atau restoran yang memajang patung kucing dengan tangan melambai-lambai di bagian depan, kan?

Kucing lucu dengan pose khas tersebut dikenal dengan nama Maneki Neko yang dipercaya sebagai penglaris atau pembawa keberuntungan.

Tradisi Jepang yang Merembet ke Tiongkok

Orang Tionghoa dan Jepang percaya bahwa patung kucing ini bisa mendatangkan keberuntungan bagi usaha mereka. Tak heran kalau di toko-toko, restoran, dan berbagai tempat usaha, dipajang si kucing yang tangannya melambai-lambai, seolah sedang memanggil pelanggan untuk mampir.

Maneki Neko biasanya terlihat seperti kucing berjenis Japanese Bobtail, patungnya terbuat dari plastik atau keramik. Dua kakinya di bawah dan dua kaki lainnya di atas seperti layaknya tangan manusia. Satu tangannya biasanya dalam posisi dan satunya melambai-lambai ke arah luar toko, membuat banyak orang gemas melihatnya.

Maneki Neko, kucing pembawa keberuntungan (dok. Yunomi)
Maneki Neko, kucing pembawa keberuntungan (dok. Yunomi)

Pajangan yan menggunakan tenaga baterai atau panel surya kecil agar bisa melambai-lambai ini dikenal merupakan bagian dari kebudayaan Jepang. Orang Jepang sudah lama terkenal sebagai pecinta kucing dan senang memeliharanya di rumah-rumah.

Meski awalnya kucing dipelihara untuk mencegah tikus masuk rumah atau memakan tanaman-tanamannya, mereka juga percaya jika kucing kemudian dianggap sebagai hewan pembawa keberuntungan. Kepercayaan ini menular hingga negeri Tiongkok. Orang Tionghoa ikut menggunakannya untuk memperlancar bisnis.

Mitos Seputar Maneki Neko

Ada yang percaya jika kaki kiri Maneki Neko yang terangkat, maka dapat menarik pelanggan. Sedangkan jika kaki kanan yang terangkat, maka akan membawa kemakmuran. Mitosnya, ketika sudah dipajang, Maneki Neko tidak boleh disentuh sembarang orang. Konon karena hal itu dapat merusak energi positifnya.

Selain itu, warna-warni Maneki Neko ternyata juga memiliki makna tertentu. Misalnya ada patung kucing yang berwarna emas dan merah, perlambang kemakmuran dan cinta.

Ada pula yang berwarna putih, hitam, dan oranye. Warna putih melambangkan kesucian, hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan pemiliknya serta mengusir hal buruk, sedangkan kuning adalah warna pelindung dari arwah jahat. Selain warna, patung kucing ini juga dilengkapi dengan aksesoris yang dipercaya sebagai jimat.

Tak hanya berbentuk patung, Maneki Neko juga ada dalam berbagai bentuk lainnya seperti pengharum ruangan dan gantungan kunci. Tertarik memiliki kucing pembawa keberuntungan Maneki Neko, Teens?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup