Kempeskan jerawat dengan cara alami (dok. Allure)

3 Cara Alami Kempeskan Jerawat dalam Waktu Singkat

Munculnya jerawat di wajah memang tidak bisa kita perkirakan. Tiba-tiba saja muncul, besoknya sudah jadi besar saja. Tak heran, jerawat memang hanya membutuhkan waktu semalam untuk bertambah besar alias membengkak.

Ini karena pertumbuhan bakteri semakin pesat saat malam hari. Jika kamu sudah merasakan adanya jerawat yang akan muncul di wajah, yuk coba cara alami berikut untuk menghilangkannya.

Campuran Madu dan Kayu Manis

Madu terkenal ampuh sebagai anti bakteri dan anti inflamasi sehingga dapat kita gunakan untuk mengempiskan jerawat dalam sekejap. Sedangkan kayu manis atau cinnamon punya khasiat sebagai anti mikroba.

Selain itu, senyawa sinamaldehida dan eugenol yang terkandung dalam minyak atsirinya merupakan antioksidan yang baik. Campuran dua bahan alami ini akan menghambat infeksi bakteri dan mengurangi peradangan jerawat.

Cara membuatnya cukup dengan mencampur bubuk kayu manis dan madu dengan takaran 1:1 sehingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah atau area yang berjerawat, diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Pasta Gigi

Selain untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kandungan triclosan, hidrogen peroksida, dan silika yang terkandung pada pasta gigi mampu membunuh bakteri, anti inflamasi, dan dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Selain itu kandungan menthol yang dingin dan menyegarkan dapat meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat jerawat. Untuk mengempiskan jerawat, kita bisa mengaplikasikan pasta gigi langsung pada area berjerawat yang sudah terlebih dahulu dibersihkan dengan pembersih wajah atau air hangat.

Biarkan pasta gigi mengering atau diamkan semalam kemudian esok paginya baru bersihkan wajah dengan air biasa.

Es Batu

Jika tidak mau ribet dengan masker atau bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat, es batu bisa kita gunakan sebagai cara praktis untuk mengempiskan jerawat terutama untuk jerawat yang terlanjur meradang. Menempelkan es batu pada area berjerawat dapat mengurangi peradangannya.

Kita juga bisa memijat wajah dengan es batu untuk mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Lakukan selama 15-20 menit, sampai kulit wajah terasa dingin atau mati rasa.

Selain membantu mengempiskan peradangan, suhu rendah dari es juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Gunakan cara ini adalah pada pagi, siang, dan malam hari untuk mengompres jerawat agar hasilnya cepat terlihat. 

Selamat mencoba, Teens!

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup