Bingung menenangkan teman yang sedang berduka? (dok. unmc.edu)

Teman Sedang Berduka? Lakukan 3 Hal Ini untuk Menenangkannya

Saat teman kita sedang kesusahan karena mendapatkan masalah, tentu sebagai teman yang baik kita harus selalu mendukungnya kan Teens. Akan tetapi, saat ingin menenangkannya kita malah sering kali merasa kesusahan harus bilang apa dan harus bereaksi bagaimana.

Sebab, kita takut jika perkataan maupun perbuatan kita nantinya malah bisa memperburuk keadaan dan membuatnya semakin bersedih. Meski begitu, kalian masih bisa kok Teens memberikan dukungan kepada teman yang sedang berduka dengan 3 hal berikut ini.

1. Pahami dahulu apa yang sedang ia alami

Sebelum kalian menghibur teman yang sedang sedih, ada baiknya kalian pahami dulu apa yang sedang mereka alami saat ini. Jika teman kehilangan keluarganya, maka hal itu memanglah tak akan mudah ia terima.

Jadi untuk menghiburnya kalian harus bersabar dulu karena lebih baik biarkan dulu ia mengeluarkan segala emosi karena kehilangannya tersebut. Jika ia merasa sudah agak lebih baik, tunjukkan loyalitas kalian sebagai teman yang akan selalu ada untuknya.

2. Selalu tunjukkan kasih sayang dan beri dia perhatian ekstra

Menunjukkan kasih sayang kepada teman memang harus selalu dilakukan setiap saat, tapi saat mereka sedang berduka cobalah untuk lebih menunjukkannya. Datanglah ke rumahnya dan jadilah pendengar setia untuknya.

Perhatikan ia dan jika ia membutuhkan bantuan dengan kehidupannya, kalian harus selalu menjadi orang nomor satu untuknya. Jangan sampai ia merasa sendirian sehingga ia akan lebih bersedih.

3. Selalu berada di sampingnya

Nggak perlu banyak berkata-kata, lebih baik jika ingin menenangkan teman yang sedih kalian harus selalu ada di sampingnya. Cobalah untuk tak perlu menawarkan bantuan, tapi langsung memberikan mereka bantuan.

Misalnya, karena kesedihannya temanmu jadi sering sakit dan nggak masuk sekolah. Sebagai teman baiknya, kalian harus memiliki inisiatif untuk membawakan mereka catatan dan mengunjungi dia di rumahnya.

Dengan teman yang selalu berada di sampingnya, pasti ia akan merasa lebih bersyukur dan semangat meskipun hari-harinya masihlah terasa berat.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup