Pernah di PHP sama orang yang kamu suka, Teens? (dok. unsplash)

Kejamnya PHP: Lebih Pengecut daripada Hilang Tanpa Kabar

Adakah diantara kalian yang pernah kena PHP? Siapa sih yang nggak senang ketika sudah ketemu gebetan yang cocok dan sama-sama merasa nyaman? Sayangnya nggak semua hubungan bisa berjalan mulus, saat kita sudah terlanjur suka malah dia menjauh.

Entah karena kita yang berharap terlalu banyak atau memang kita sedang terlibat dengan seseorang yang sengaja memberi perhatian lebih padahal dia enggan menjalin hubungan serius. Pastinya nggak enak banget kan, terjebak hubungan dengan si Pemberi Harapan Palsu alias PHP.

Menurut pakar hubungan Carole Lieberman, PHP lebih kejam daripada ghosting atau seseorang yang  menghilang begitu saja, juga tidak kalah kejamnya dibandingkan diputusin sepihak. Berikut ini alasannya.

PHP Hanya Permainan Emosi

PHP atau dikenal pula dengan istilah breadcrumbing, memang bukan status yang menyenangkan dalam hubungan. Kita terjebak dengan seseorang yang membuat kita berharap, tetapi menjaga agar hubungan kalian tidak menjadi makin serius. PHP ini hanya permainan emosi agar kita tidak pergi darinya.

Orang tersebut jelas hanya ingin bermain-main. Kita akan merasakan dua hal secara bersamaan antara dia seolah menerima kita, namun di sisi lain, status kita sama seperti orang lain alias bukan seorang yang spesial baginya.

Parahnya lagi, jika tidak ada ketegasan sikap dari kita, PHP akan semakin membuat kita terlibat dengan hubungan yang tidak jelas dalam waktu yang lebih lama.

PHP Lebih Buruk dari Cara Pengecut

Saat seseorang yang dekat dengan kita tiba-tiba menjauh tanpa meninggalkan kepastian dan alasan kepergiannya, kita pasti menganggapnya pengecut. Meski sama-sama bikin sakit hati, PHP malah jauh lebih buruk dibandingkan tindakan pengecut tersebut. PHP ibaratnya mematikan hubungan secara perlahan dan menyakitkan.

Jika ditinggalkan tanpa kepastian sih, jelas sakitnya hanya waktu itu saja. Tapi kalau kena PHP, kita malah bisa tersakiti berkali-kali.

PHP Membuat Berkencan Semakin Sulit

Baik bagi korban PHP atau orang yang sering melakukan PHP, dampak psikologis untuk hubungan yang akan dibangun sama buruknya. Setiap kencan akan terasa lebih sulit dan rumit karena kita semakin sering mempertanyakan apa makna sebuah hubungan yang sebenarnya.

Efek kebimbangan, ketidakjujuran dengan perasaan, dan tidak berani tegas bersikap karena sering terlibat PHP membuat kita sulit menerima orang lain untuk jadi pasangan.

Jadi, masih mau di-PHP-in? Move on yuk, Teens. Temukan orang yang benar-benar menyayangi kita dan mau memperjuangkan hubungan yang serius. Untuk para pelaku PHP, semoga cepat bertobat ya.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup