Andre Kristensen dan kolega kembangkan printer generasi baru (dok. nanotech.dtu.dk)

Mencetak Foto Vintagemu dengan Printer Generasi Baru

Membuat efek gambar vintage sekarang ini jadi semakin mudah dengan hadirnya berbagai aplikasi foto. Tidak perlu mahir mengoperasikan aplikasi, siapa pun bisa mengedit foto bahkan cukup lewat smartphone.

Namun, untuk kualitas cetak yang bagus untuk gaya vintage tidak banyak printer yang bisa melakukannya. Baru-baru ini muncul terobosan printer generasi baru dengan teknologi nano yang bisa mencetak foto dengan jelas, bahkan untuk foto-foto kuno atau foto hasil rekonstruksi.

Dikembangkan oleh Andre Kristensen dan koleganya dari Universitas Teknik Denmark di Kongens Lyngby, printer generasi baru ini punya kelebihan mampu menghasikan warna yang lebih tajam, tidak mudah pudar dan tahan lama. Printer laser hasil rancagannya ini menggunakan tiga material, yaitu plastik, germanium, dan lapisan pelindung.

Jika pada printer berbasis tinta yang ada saat ini, kertas berperan utama sebagai dasarnya, pada printer laser buatan Kristensen material plastiklah yang menjadi dasarnya.

Permukaan plastik dibentuk khusus sehingga menghasilkan pilar-pilar kecil berukuran 200 nanometer, kemudian film tipis berelemen germanium disebarkan di atas lapisan plastik. Selanjutnya proses pemanasan dari laser akan melelehkan lapisan germanium disetiap pilar berukuran nano,  merubah bentuk dan ketebalannya.

Melalui proses inilah warna yang lebih spesifik dan tajam dapat dihasilkan. Material ketiga, yaitu lapisan pelindung berfungsi mempertahankan dan melindungi bentuk struktur nano yang baru tercetak.

Kelebihan lain dari printer laser dengan nanostruktur ini adalah mampu menghasilkan gambar dengan kenaikan resolusi hingga 127.000 titik per inchi. Kemampuan yang jauh melebihi resolusi printer laser tradisional, yang mengunakan serbuk halus atau toner, yang hanya dapat mencapai 20.000 titik per inchi, ataupun printer ink-jet mencapai sekitar 4.800 titik per inchi.

Selain mampu menghasilkan gambar dengan super high resolution, printer generasi baru ini juga mampu membuat gambar berukuran sangat kecil yakni sekitar 50 kali 50 mikrometer. Meski saat ini masih dalam tahap prototype, printer generasi baru ini, kabarnya juga akan segera memasuki tahap produksi komersil.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup