Fidget Spinner (dok. YouTube)

Fidget Spinner: Bikin Makin Kreatif dan Bebas Stres

Benda kecil seperti roda yang cara penggunaanya dengan diputar di tangan, terkenal dengan sebutan fidget spinner ini kian banyak kita jumpai ya, Teens. Fidget Spinner awalnya ditujukan untuk mengurangi fidgeting atau tindakan bergerak secara tidak sadar yang kerap dilakukan seseorang saat merasa gelisah.

Catherine Hettinger, seorang wanita asal Florida, Amerika Serikat disebut-sebut sebagai penemu fidget spinner.

Konon, Catherine Hettinger terinspirasi dari kejadian yang dilihatnya di Palestina. Saat banyak anak laki-laki yang melempari polisi Israel dengan batu. Oleh karena itu, Catherine Hettinger mendapatkan ide untuk membuat sesuatu yang dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian anak-anak sekaligus menyalurkan emosi dan energi mereka. Dirancanglah spinner toy, sebuah terobosan mainan yang sayangnya baru populer 20 tahun kemudian.

Pada tahun 1997, Catherine Hettinger sempat mendaftarkan hak paten untuk mainan ciptaanya. Tapi saat masa berlakunya habis pada tahun 2005, Catherine Hettinger tidak memperanjangnya lagi. Selama kekosongan hak paten inilah akhirnya banyak perusahaan mainan yang mengembangkan lebih lanjut menjadi fidget spinner. Hasilnya, kini model dan jenis fidget spinner jadi semakin beragam.

Cara memutar Fidget Spinner (dok. Gadget Flow)
Cara memutar Fidget Spinner (dok. Gadget Flow)

Tak hanya karena bentuknya yang unik dan pola menarik yang muncul saat alat ini diputar, fidget spinner makin banyak disukai karena efektif untuk mengusir kejenuhan bahkan dapat mengurangi tingkat stress. Alat ini membuat kita fokus pada gerakan memutar dan pola yang terbentuk saat kita memainkannya. Karena cara kerja inilah, fidget spinner dapat digunakan sebagai alat pereda stress.

Kegiatan fidgeting atau melakukan gerakan-gerakan kecil secara berulang umum dilakukan banyak orang, terutama saat mereka merasa nervous atau sedan tidak sabar. Ada yang suka menggerakkan kakinya, menggerakkan jarinya, membuat ketukan atau gerakan lain saat merasa jenuh atau tertekan.

Menurut beberapa penelitian, selain menenangkan, fidgeting dapat meningkatkan konsentrasi, membantu kemampuan mengingat, bahkan diklaim dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini sama seperti saat kita mengingat sesuatu dibarengi kegiatan mencatat atau memberi tanda.

Buat kalian yang mudah jenuh saat belajar, berusaha mengurangi pemakain gadget, atau sedang ingin melatih konsentrasi, fidget spinner bisa kalian coba mainkan untuk mengalihkan perhatian sesaat dan merefresh otak. Tertarik mencoba fidget spinner, Teens?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup