Cinta memiliki manfaat dan dampak positif bagi tubuh (dok.unsplash.com)

Cinta Punya Manfaat Nyata Bagi Tubuh, Ini 4 Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatanmu

Setiap orang pastinya sudah tahu jika cinta bisa membuat perasaan kita lebih nyaman. Saat jatuh cinta pun kita akan sering merasakan kebahagiaan yang tiada tara.

Namun, tahukah kalian jika ternyata cinta benar-benar memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita lho. Bahkan, manfaat tersebut sudah terbukti karena sudah diteliti oleh para ilmuwan.

Udah penasaran apa saja manfaat cinta bagi tubuh kita? Simak daftarnya di bawah ini ya Teens.

Cinta adalah penyembuh rasa sakit yang alami

Pelukan dari kekasih yang kita cintai memang bisa membuat kita merasa aman dan nyaman. Akan tetapi menurut studi yang dipublikasikan oleh PLOS ONE menyatakan bahwa rasa cinta juga bisa membuat kita memproduksi oksitosin yang bisa melawan rasa sakit terutama untuk sakit kepala.

Tak hanya itu saja, saat kita memandang foto kekasih maka daya tahan tubuh bisa meningkat dan mengurangi rasa sakit yang kita rasakan. Sebab otak menghubungkan citra pasangan dengan masalah kita sehingga bisa membuat rasa sakit bisa lebih tertahankan dan bertindak sebagai analgesik.

Cinta juga bisa menjaga kesehatan jantung

Menurut studi yang dilaporkan dalam American Psychosomatin Society, cinta bisa menurunkan detak jantung hingga setengahnya. Bahkan, hal itu disebut lebih efektif saat keadaan seseorang sangat stres dan juga bisa mengurangi risiko dari penyakit jantung dalam jangka panjang.

Selain itu oksitosin yang dikeluarkan oleh tubuh karena adanya perasaan cinta bisa menghilangkan stres, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi rasa kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri hingga bisa membantu kita terhindar dari depresi.

Cinta bisa membuat kita terhindar dari insomnia

Saat jatuh cinta tubuh kita akan memproduksi hormon oksitosin dan endorfin yang sangat banyak. Hal itu membuat tubuh akan menghambat pelepasan kortisol yang bertanggung jawab terhadap stres. Jika oksitosin dan endorfin dalam tubuh meningkat maka kualitas tidur kita juga akan lebih baik. Bahkan, cinta sudah terbukti secara ilmiah bisa menjadi obat alami yang paling ampuh untuk membuat kita bisa tidur dengan nyenyak.

Cinta bisa membuat kita berumur lebih panjang

Menurut survei yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang yang hidup dengan cinta bisa memiliki umur yang panjang. Terutama mereka yang hidup dalam pernikahan makan akan merasa lebih sehat dan hidup lebih berbahagia. Bahkan, disebutkan bahwa manfaat cinta itu bisa mengalahkan orang-orang yang telah melakukan kebiasaan hidup sehat seperti makan makanan kaya gizi dan orang yang terhindar dari stres.

Memiliki pasangan yang dicintai juga bisa mencegah kita mudah terkena penyakit fisik. Jadi bisa disimpulkan bahwa orang yang jatuh cinta dan berkomitmen akan menjalin kisah cinta jangka panjang maka akan cenderung bisa hidup lebih lama.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup