Dok. Istimewa

Menurut Studi Ternyata Banyak Orang yang Berkepribadian Psikopat yang Mengambil Jurusan Ini Saat Kuliah!

Memilih jurusan saat kuliah biasanya karena pengaruh pendapat dari orang tua dan juga keadaan ekonomi. Akan tetapi kepribadian kita juga sangat dominan lho Teens dalam menentukan jurusan yang akan diambil.

Nah, ada studi terbaru nih Teens yang menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki kepribadian psikopat ternyata cenderung memilih jurusan ekonomi dan bisnis lho. Studi tersebut dilakukan oleh para ilmuwan dari Aarhus University, Denmark dan dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences.

Para peneliti tersebut menggunakan tes kepribadian untuk menentukan adanya ciri-ciri kepribadian seperti kekejaman, keinginan untuk berkuasa dan mendominasi sosial apakah berhubungan dengan jenis pendidikan yang dipilih.

Mereka kemudian menguji 487 siswa di Denmark dengan kisaran usia 17 - 45 tahun yang sedang mempelajari bidang psikologi, politik, bisnis, ekonomi dan hukum. Peneliti juga mengukur jenis kepribadian seperti narsistik, manipulatif dan psikopat. Jenis kepribadian yang dimiliki oleh orang psikopat seperti itu disebut dengan Dark Triad.

Setelah peneliti menguji mereka melalui penilaian ekstrversi, keterbukaan, kesesuaian, hati nurani dan neurotisme, mereka akhirnya menyimpulkan bahwa responden yang cenderung memiliki sifat psikopat adalah yang tengah mengambil jurusan ekonomi dan bisnis nih Teens.

Dalam hasil studi ini juga ditunjukkan bahwa para siswa yang memiliki kepribadian Dark Triad itu sudah memiliki kepribadian itu sejak sebelum masuk ke jurusan tertentu. Jadi kepribadian yang cenderung psikopat tersebut tidaklah terbentuk saat mereka sudah memilih jurusan ekonomi dan bisnis ya.

"Seperti kebanyakan orang, saya juga memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian yang saya miliki. Jadi mereka yang memiliki kepribadian Dark Triad mungkin memilih jurusan tertentu karena mereka merasa cocok di bidang itu karena menawarkan kesempatan karier yang lebih menjanjikan untuk mereka," ucap Dr Anna Vedel, salah seorang penulis studi tersebut kepada MailOnline.

Namun, kalian harus tahu Teens bahwa tentunya tidak semua orang yang memiliki kepribadian narsistik hingga manipulatif hanya dimiliki oleh mereka yang belajar ekonomi dan bisnis saja. Karena responden lain yang belajar ilmu psikologi hingga hukum juga memiliki kepribadian itu tapi tidak terlalu dominan.

Nah kalau kalian Teens, apakah juga memilih jurusan karena kepribadian atau hanya karena dorongan orang tua nih?

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup