Suka main TTS? Ini sejarah teka-teki silang atau TTS yang perlu kamu tahu. (dok. wikipedia)

Pernah Main Teka-Teki Silang? Ini Dia Sejarah Menarik dari TTS

Teka-teki silang (TTS) pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-19. Saat itu teka-teki silang yang muncul adalah versi dasarnya. Teka-teki silang berasal dari kata persegi, kelompok kata diatur sehingga hurufnya dapat dibaca sama secara vertikal dan horizontal, dan dicetak dalam buku-buku teka-teki anak-anak dan berbagai majalah.

Di Amerika Serikat, teka-teki silang jadi serius dan diminati kalangan dewasa. Dikutip dari crosswordtournament.com, teka-teki silang pertama yang diterbitkan adalah buatan seorang jurnalis bernama Arthur Wynne dari Liverpool. Arthur Wynne disebut sebagai penemu permainan kata populer ini.

Teka-teki silang pertama ini muncul di koran Minggu New York World edisi 21 Desember 1913. Bedanya, TTS buatam Wynne berbentuk berlian dan tidak mengandung kotak hitam di dalam susunannya.

Selama awal 1920-an, surat kabar lainnya mulai menggunakan TTS ini dan dalam satu dekade TTS bisa ditemukan hampir di semua surat kabar Amerika. Dalam periode ini, TTS mulai berubah ke bentuk yang kita kenal saat ini. Sepuluh tahun setelah kemunculan kembali TTS di Amerika, TTS menyebar ke Atlantik kemudian ke Eropa.

Sedangkan di negara TTS pertama kali muncul, Inggris, Majalah Pearson lah yang memuat TTS pada bulan Februari 1922. Sementar itu, majalah Times pertama kali memuat TTS pada 1 Februari 1930. TTS di Inggris dengan cepat berkembang dengan gayanya sendiri, dan jadi jauh lebih sulit daripada berbagai TTS di Amerika. Khususnya TTS yang mengadung banyak kata-kata samar dan membingungkan jadi populer saat itu. Konsep TTS tersebut dibuat oleh A. F. Ritchie dan D. S. Macnutt.

Orang-orang ini, berbakat dalam melihat kata-kata yang disusun dalam pola geometris dan mampu memutar dan mengubah sehingga menjadi sangat membingungkan. Sejak saat itu, banyak TTS dibuat dan berkembang sesuai gayanya masing-masing.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup