Belajar Sambil Ngemil, Efektif Nggak Sih?

Belajar adalah kewajiban dan sudah jadi rutinitas sehari-hari, apalagi bagi para pelajar seperti kamu. Berbagai trik pun harus kamu terapkan agar aktivitas harian ini tidak menjemukan, mulai dari memutar musik favorit, mencari suasana baru saat belajar, membuat catatan menarik, belajar bareng teman, hingga menyedikan aneka camilan.

Buat kamu yang suka ditemenin makanan kecil saat belajar, apa benar ngemil bisa membuat belajar jadi makin efektif?

Ada banyak orang yang mengaku kalau ngemil saat belajar efektif meningkatkan konsentrasi. Saat belajar otak akan terus dipacu untuk fokus pada materi pelajaran yang dipelajari, jika aktivitas monoton ini tidak ada jedanya, justru membuat konsentrasi menurun. Akibatnya, kamu bisa ngantuk atau malah mudah jenuh padahal baru sebentar belajar. Nah, ngemil bisa jadi aktivitas selingan agar hal itu tidak terjadi. Jenis camilan seperti dark chocolate atau permen karet juga terbukti mampu meningkatkan konsentrasi.

Dark chocolate kaya akan antioksidan yang dibutuhkan untuk menyuplai okisgen dalam sel termasuk sel-sel otak. Selain itu, kandungan flavonol yang tinggi dalam coklat juga mampu meningkatkan konsentrasi. Jika memilih cemilan permen karet, aktivitas mengunyah permen kenyal ini dapat meningkatkan detak jantung sehingga semakin banyak pula oksigen dan nutrisi yang dipompa ke otak. Aktivitas mengunyah secara ritmik ini juga merangsang hippocampus atau bagian otak yang berperan dalam mengontrol memori sehingga meningkatkan daya ingatmu.

Belajar akan menguras banyak energi, sehingga bisa jadi membuat kamu cepat lapar. Untuk itu, camilan memang dibutuhkan agar kamu tidak mudah lapar. Tapi perlu diperhatikan juga agar kamu tidak makan cemilan yang terlalu berat atau ngemil hingga kenyang, karena jika terlalu kenyang bisa jadi kamu malah ngantuk, bukannya meneruskan belajar.

Selain itu, perhatikan juga jenis camilan yang akan menemanimu saat belajar. Sebaiknya jangan pilih camilan yang mengandung kalori terlalu tinggi. Daripada mengonsumsi soft drink dan aneka chips, ganti saja cemilanmu ketika belajar dengan buah atau biji-bijian.

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup