Ezdu, Aplikasi Karya Mahasiswa UGM Ini Membantu Meningkatkan Taraf Pendidikan Indonesia

Pendidikan adalah salah satu kunci penting dalam peningkatan kualitas hidup orang-orang. Tapi, belum semua orang Indonesia bisa mendapatkan pendidikan layak, khususnya anak-anak di daerah terpencil.

Masalah itu lantas menjadi sebuah katalis bagi beberapa mahasiswa UGM untuk mengembangkan sebuah aplikasi terintegrasi yang menyediakan beberapa bahan pembelajaran dalam bentuk video untuk siswa SMP serta SMA.

Mahasiswa UGM tersebut diantaranya Fury Oktria Putra (Teknik Industri), Elok Pitaloka (Teknik Industri) serta Damar Adi Prabowo (Ilmu Komputer) yang berusaha memberikan fasilitas belajar dengan membuat aplikasi edukasi bernama Ezdu.

Seperti dilansir di laman Berita UGM, aplikasi yang mereka buat juga dapat menghubungkan siswa ke tutor supaya siswa dapat belajar kapan dan di mana saja dengan fasilitas dan materi yang lengkap sesuai dengan kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia.

"Ezdu bisa menjadi solusi untuk yang praktis untuk anak-anak di daerah terpencil yang ingin belajar dan berprestasi layaknya seperti anak-anak di kota besar," kata Fury.

Nantinya, siswa-siswa di kota besar dapat membeli aplikasi ini sehingga mendapatkan akses penuh ke semua materi pembelajaran dalam bentuk video, jelas Fury. Selain itu para siswa juga akan mendapatkan koneksi ke tutor sesuai dengan mata pelajaran yang diinginkan. Maka dari itu, Ezdu dilengkapi dengan fitur chat, telpon, dan video call (skype).

Selanjutnya, pendapatan dari aplikasi berbayar ini akan dialokasikan untuk membantu siswa di daerah terpencil sehingga mendapatkan akses yang sama ke aplikasi Ezdu ini.

"Pengembangan Edzu ini ditujukan untuk membantu pemerataan pendidikan di seluruh daerah Indonesia. Dengan begitu harapannya semua siswa mendapatkan akses pendidikan yang layak beserta pengajar yang berkualitas," urainya.

Foto: ugm.ac.id

Komentar

Selamat Datang di Teen.co.id

Silahkan login/signup