Kwarnas Pramuka Catat Rekor Dunia Indonesia untuk Karnaval Budaya

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan itu untuk rekor Karnaval Budaya Tema Flora dan Fauna Asal dari Daerah Terbanyak.  Penghargaan itu diserahkan petugas atas nama Ketua Umum MURI, Prof Dr h.c Jaya Suprana di Lapangan Monas pada  Minggu, 24 November 2019.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Satuan Karya (Saka), Satuan Komunitas dan Gugus Darma, Kak Kingkin Suroso memberi apresiasi yang tinggi kepada Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti.

“Kostum karnaval dengan bahan daur ulang yang dirancang secara artistik ini sangat menarik dan langka,” kata Kak Kingkin yang ikut karnaval dari kantor Bawaslu di Jalan Thamrin sampai Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Kak Kingkin menjelaskan rekor MURI dan kegiatan Perkemahan Bakti Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional 2019, menunjukkan bahwa pramuka Indonesia telah menerapkan perilaku yang ramah lingkungan. Termasuk isu keberlanjutan seperti tertuang dalam Tujuan Pembangunan Global (Sustainable Development Goals).  

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KLHK, sekaligus Ketua Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru, yang juga ikut serta dalam karnaval bertajuk Gerakan Nasional Pelestarian Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Jakarta Pertikawan Festival, mengatakan, "Kami ucapkan terima kasih kepada Museum Rekor Dunia Indonesia,” kata Bambang Hendroyono,  Sekretaris Jenderal KLHK, sekaligus Ketua Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru.

Karnaval diikuti sekitar 2000 peserta Perkemahan Bakti Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) 2019. 200 orang diantaranya mengenakan kostum festival dari bahan daur ulang yang dirancang secara artistik mewakili kekayaan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Sejumlah sosok dari kalangan milenial ikut mengenakan kostum festival dari bahan daur ulang. Antara lain Swietenia Puspa Lestari (diver dan 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi BBC), Sonia Fergina Citra (Putri Kebudayaan Indonesia 2019), Reymond Leopard (Binus Ambassador 2019), Mr Tourism and Culture Universe Indonesia 2019, Mr Model Internasional Indonesia 2019,  Miss All Nation Indonesia 2019, Putra Kebudayaan NTT, Putri Kebudayaan Jawa Barat,  Putri Kebudayaan DKI Jakarta, Putri Kebudayaan Sumatra Barat, Putri kebudayaan NTB, dan  Mojang Kota Sukabumi 2019.

Karnaval pada  hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di  Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat  ini mengusung tema ‘Menjahit Nusantara dengan Bahan Daur Ulang’. Peserta melakukan start dari kantor Bawaslu.

Para peserta karnaval berjalan dengan iringan marching band SMK Kehutanan Kadipaten, Jawa Barat, dan berakhir di Lapangan Monas.

Pertikawan 2019 diselenggarakan di Buper Cibubur pada 18-24 November 2019 diikuti 2600 peserta penegak dan pandega serta 500 pamong saka. Para peserta juga mengikuti kegiatan di 14 subcamp di Jawa Barat, Banten, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.


Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar