Tengok 5 Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan Kulitmu!

Hey, Gals apakah kalian masih suka malas berolahraga? Sebaiknya jangan malas berolah raga lagi, karena olah raga itu enggak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan kulitmu, lho.

Bayangkan, dengan satu jenis rutinitas, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Tubuh fit proporsional, kulit indah berkilau.

Apa saja yang terjadi pada kulit, ketika kita membiasakan diri berolahraga?

1. Bersemu merah
Olahraga membuat jantung memompa darah lebih intens ke seluruh tubuh. Pembuluh darah akan melebar selama dan sesudah berolahraga. Hal ini terlihat terutama pada permukaan kulit. Warna kulit akan bersemu merah, terutama pipi, sehingga terlihat cantik alami tanpa perona pipi. Pembuluh darah yang melebar ini menghantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga kulit mendapatkan pasokan berbagai zat gizi lebih banyak

2. Pori-pori kulit terbuka
Olahraga menambah panas mesin tubuh. Untuk menghindari kenaikan suhu yang ekstrem, badan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan. Pori-pori kulit lebih terbuka sehingga kemungkinan pori-pori tersumbat dan timbul komedo maupun jerawat menjadi lebih kecil. Pembuangan radikal bebas dan kotoran hasil metabolisme tubuh mengalir dan terbilas dengan baik lewat keringat.

3. Kulit sehat bebas pengaruh stres
Olahraga memicu keluarnya hormon endorfin yang menyebabkan rasa senang dan bahagia, sehingga mengurangi tingkat stres. Beberapa kondisi kulit yang terkait dengan stres seperti eksim dan jerawat juga dilaporkan berkurang pada beberapa penelitian. Selain itu produksi hormon DHEA dan DHT juga terkontrol, sehingga mereduksi jumlah jerawat yang lain.

4. Menjaga elastisitas kulit
Olahraga memicu terbentuknya kolagen yang berfungsi sebagai bahan pembentuk elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit yang selalu mati karena gesekan baju, paparan sinar matahari, atau pun polutan yang lain.

5. Mengurangi risiko selulit
Olahraga mengurangi risiko timbulnya selulit. Selulit adalah lemak yang terperangkap jaringan ikat yang menimbulkan kesan kulit bergelombang seperti kulit jeruk. Beberapa teori berpendapat bahwa kurangnya pasokan darah ke daerah paha, pinggul, menyebabkan selulit. Olahraga dianggap membantu mengurangi dan memperbaiki selulit

Untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit, terapkanlah kiat-kiat berikut ini:

Berolahragalah secara teratur 2-3 kali seminggu, minimum 30 menit.

Jenis olahraga bisa apa saja, pilih apa pun yang Anda minati. Prioritaskan yang bersifat kardio seperti lari, joging, bersepeda, atau senam aerobik. Jenis olahraga seperti ini lebih berkonsentrasi meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Minumlah air dengan elektrolit cukup setelah berolahraga, untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menimbulkan kesan kulit kering dan pecah-pecah.


Last Editor : Vallesca
Komentar