Bingung Mau Memilih Pekerjaan yang Mana? Ini Tipsnya

Mencari pekerjaan impian saat ini kian sulit. Kita harus bersaing dengan pesaing lainnya enggak hanya dari Indonesia tapi jug aluar negeri, dari berbagai latar belakang pendidikan, universitas dan pengalaman. Seseorang harus melewati segudang tantangan sebelum mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Namun ada kalanya pencari kerja yang beruntung atau memiliki kemampuan dan pengalaman lebih dibanding pesaingnya mendapatkan lebih dari satu tawaran pekerjaan. Bagaimana jika kamu adalah salah satu orang yang beruntung tersebut dan malah galau mau memilih tawaran pekerjaan yang mana, nih? Jangan galau dan jangan resah. JobStreet.com berbagi cara jitu untuk  para pencari kerja dalam menentukan pilihan, pekerjaan mana yang harus diambil?

Sesuai dengan Passion 

Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini: Akankah saya menyukai pekerjaan ini? Apabila pekerjaan yang ditawarkan termasuk tipe yang mengharuskan banyak duduk di belakang meja dan jam kerja  yang mengharuskan masuk pagi, bisa saja belum tentu cocok dengan kamu yang lebih menyukai tipe pekerjaan di luar kantor. Pastikan tipe pekerjaan yang akan dilakukan adalah hal yang ingin dikerjakan untuk periode waktu yang panjang. Ketika pekerjaan yang ditawarkan hanya akan membuat kamu cepat bosan, lebih baik dipikirkan kembali. Jangan mudah tergiur saat dengan tunjangan yang OK banget. Ketika kamu tidak enjoy dengan pekerjaan yang dilakukan, maka tunjangan tidak ada nilainya, Karena pekerjaan tersebut akan terasa berat dan sulit  dinikmati!


 

Tantangan?

Tantangan dipercaya dapat meningkatkan kecintaan kamu pada pekerjaan. Mengapa? Inilah saatnya kamu dituntut menyelesaikan tantangan  yang diberikan. Kamu mungkin akan memiliki pertanyaan seperti, ‘Apakah saya bisa mengatasi tantangan ini? Seberapa sulit tantangan ini? Siapa yang bisa membantu saya untuk menyelesaikan masalah ini?’ Nah, pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki akan menjadi aset penting agar tantangan tersebut terselesaikan dengan baik. Ini menjadi pembuktian apabila kemampuan kamu dapat digunakan secara optimal atau tidak. Pastikan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan mampu memberikan tantangan yang cukup, akan menjadikan kamu seseorang yang handal di bidangnya. Tantangan yang dilakukan akan menjadi pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja.


 

Network yang Luas 

Tak kenal maka tak sayang merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Jadikan pekerjaan yang akan kamu lakukan jadi ajang bagi kamu untuk memperluas jaringan pertemanan dan profesional. Sebuah proyek besar yang tidak mungkin kamu lakukan sendiri. Kamu pasti akan meminta bantuan dari rekan – rekan lainnya. Misalnya, sebuah acara pentas musik tidak lengkap tanpa keberadaan mitra media yang akan membantu untuk kegiatan publikasi. Untuk menjadikan hal itu terjadi, kamu tentu harus mencari media yang memiliki segmen yang sesuai dengan acara tersebut. Pertemuan dengan mitra media yang bisa membantu kelangsungan acara tersebut, bisa dijadikan kesempatan untuk memperluas wawasan kita lewat obrolan yang terjadi. Kita tidak pernah tahu bahwa mereka bisa menjadi teman baik saat proyek tersebut selesai.

Nah, mudah kan untuk menemukan pekerjaan yang pas untuk kamu? Jadi, tidak boleh galau lagi dan selamat memilih pekerjaan impianmu!

 

 

 


Last Editor : Vallesca
Komentar