Ini tips dari Andovi dan Jovial da Lopez buat kamu yang mau jadi YouTuber (dok. Instagram)

Mau Jadi YouTuber? Ini 5 Tips dari Andovi dan Jovial Da Lopez SkinnyIndonesian24

Teens, minggu ini video Presiden Joko Widodo di akun Instagramnya viral. Dalam video yang diunggah Kamis (5/4), Presiden Jokowi menanyakan cita-cita kepada siswa SD bernama Rafi. Rafi bilang, "Ingin jadi YouTuber, Pak!" Presiden Jokowi terkejut.

Video itu disaksikan lebih dari 2,3 juta kali dan dibanjiri 12 ribuan komentar, lo! Apakah YouTuber profesi yang menjanjikan saat ini? Kita tanya ke pemilik kanal SkinnyIndonesian24, Andovi Da Lopez dan Jovial Da Lopez, yuk!

Menurut Andovi Da Lopez, YouTuber sama seperti profesi lain. Dibutuhkan ketelatenan dalam menentukan konsep dan mengisi konten agar jumlah viewers meroket. "Gue pikir sama kayak profesi lain. Kalau dijalani setengah-setengah, hasilnya enggak maksimal. Menjaga semangat itu penting. Biasanya, orang rajin di 3 bulan pertama. Habis itu, malas-malasan," beri tahu Andovi.

Ini tips dari Andovi dan Jovial da Lopez buat kamu yang mau jadi YouTuber (dok. Instagram)
Ini tips dari Andovi dan Jovial da Lopez buat kamu yang mau jadi YouTuber (dok. Instagram)

Andovi dan Jovial Da Lopez kasih 5 tips buat kalian yang ingin bikin kanal YouTube. Apa saja?

Terapkan prinsip "Mulai aja dulu!"

Sepintas, kok kayak slogan iklan toko daring, ya? "Tapi ini benar. Mulai aja dulu. Kadang orang punya cita-cita pengin bikin kanal YouTube. Pengin melulu, tapi enggak bergerak dan banyak alasan. Bilang kalau belum dapat idelah. Alasan enggak punya alat canggihlah, belum punya konsep baguslah. Alasan melulu kapan bikinnya?" bilang Andovi.

Cari jati diri

Jadi YouTuber juga perlu jati diri, lo, Teens. Kita mesti mencari katakter khas lalu jadikan itu karakter kanal YouTube kalian. "Misalnya, kalian hobi banget sama sofa atau furnitur. Ya sudah, jadikan itu ciri khas konten kalian. Jadi, orang kalau mau cari referensi furnitur atau sofa yang lucu-lucu dengan harga oke, akan mampir ke kanal YouTube kalian," saran dia.

Ini tips dari Andovi dan Jovial da Lopez buat kamu yang mau jadi YouTuber (dok. Instagram)
Ini tips dari Andovi dan Jovial da Lopez buat kamu yang mau jadi YouTuber (dok. Instagram)

Konsisten

Ini terdengar klise tapi penting banget. "Perhatikan tren lalu tanya ke diri sendiri mampu enggak mengikuti tren itu? Sekarang lagi tren bikin vlog lalu diunggah di kanal YouTube setiap hari alias daily vlog. Bisa enggak kalian bikin konten setiap hari? Kalau enggak, ya bikin mingguan saja. Tapi harus ajek setiap minggu. Kalau habis mingguan bikin kontennya bulanan, penonton bakal kabur," Jovial mengingatkan.

Kolaborasi

Sama seperti di musik, penyanyi A berkolaborasi dengan penyanyi B. Kadang, aliran musik mereka enggak sama tapi malah sukses melahirkan hit dan tren musik baru. "Di YouTube juga begitu. Dari sejak bikin SkinnyIndonesia24 tahun 2011, kolaborasi efektif mencuri perhatian netizen dan meningkatkan jumlah pelanggan," aku Andovi.

Evaluasi

Kalau konsep sudah matang, konten digarap telaten dan diunggah rutin, serta rajin bikin kolaborasi, lakukan evaluasi. Idealnya, evaluasi dilakukan minimal setahun setelah kanal YouTube kalian mengudara. "Kalau empat hal tadi sudah dilakukan tapi jumlah pelanggan enggak bertambah signifikan, cek, deh. Apa yang salah? Kontennya yang enggak menarik, kolaborasinya garing, atau ada alasan lain?" papar Andovi, panjang.

SkinnyIndonesia24 kini telah dilanggani 1,4 juta akun berlangganan. Nama adik beradik ini populer di jagat YouTube. Mereka sering dapat tawaran kolaborasi dengan sesama YouTuber, main film, hingga jadi bintang tamu berbagai program anak muda. Minggu lalu misalnya, SkinnyIndonesian24 menjadi bintang tamu peluncuran inovasi baru Nescafe Lively Yuzu dan Cool Coconut.

"Dua inovasi ini terinspirasi dari konsep milenial masa kini, mashup. Mashup adalah perpaduan dua dunia berbeda yang menghasilkan karya menarik, seru, sekaligus penuh kejutan. Semoga kedua varian ini memperkuat posisi kami sebagai minuman kopi siap minum yang dekat dengan anak muda," kata Business Executive Officer Ready to Drink Business Nestle Indonesia, Welih Sutidjan.

Biar makin seru, ada Nescafe Mashup World yang memamerkan karya inspiratif hasil kolaborasi anak muda berbakat dari berbagai bidang. Salah satunya, pelukis Naufal Abshar yang berkolaborasi dengan SkinnyIndonesian24. "Ini kali pertama gue dapat tantangan mashup dengan Naufal Abshar yang artsy," seru Andovi. Hasil kolaborasi ini bisa kalian tonton di Nescafe Mashup World, dari 31 Maret sampai 7 April 2019 di Sarinah, Jakarta. Datang, yuk!


Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar