Bangkai paus sperma yang ditemukan terdampar di Perairan Wakatobi.

Menyedihkan, Bangkai Paus Sperma Ini Ditemukan Terdampar dengan Tumpukan Sampah di Perutnya!

Publik baru-baru ini dihebohkan dengan bangkai paus sperma yang ditemukan terdampar di Perairan Wakatobi.

Bangkai paus ini kabarnya ditemukan oeh warga Desa Kapota Utara pada 19 November lalu. Fenomena paus terdampar mungkin bukan jadi hal yang aneh lagi. Namun, isi perut dari bangkai paus tersebut justru jadi perhatian publik.

Pasalnya, perut paus sperma tersebut berisi tumpukan sampah plastik yang beratnya hampir mencapai 6 kilogram. WWF Indonesia mengungkapkan bahwa perut paus yang berukuran 9,5 meter itu berisi 19 buah (140 gr) plastik keras, 4 buah (150 gr) botol plastik, 25 buah (260gr) kantong plastik, 2 buah (270 gr) sandal jepit, 3,26 kg tali rafia dan 115 buah (750 gr) gelas plastik.

Setelah ditemukan, para warga pun berinisiatif untuk mengubur paus tersebut di pesisir pantai Desa Kapota Utara, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Penguburan paus tersebut ternyata dilakukan untuk mendapatkan spesimen paus yang berguna bagi bahan penelitian dan pendidikan.

Saleh Hanan, seorang aktivis Yayasan Wakatobi menduga bahwa kematian paus sperma itu bisa saja terjadi karena tumpukan sampah plastik yang berada di dalam perutnya. Dia juga mengatakan bahwa sampah-sampah itu bukan merupakan sampah segar dan telah menumpuk cukup lama di dalam perutnya.


Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar