Cara Menemukan Hobi Baru yang Pas dengan Kepribadian Kita

Atau kalau kita sudah bosan dengan hobi lama, mencoba hobi baru juga dapat menyegarkan kreativitas kita. Berikut ini cara yang bisa kita lakukan sebelum memilih hobi baru yang cocok dengan kita.

Mengingat Masa Kecil

Ingat kembali hal-hal yang kita sukai semasa kecil. Misalnya kesukaan membaca komik, bersepeda, melukis, main masak-masakan, dan sebagainya. Ingat kembali hal yang dulu membuat kita bisa menghabiskan waktu sampai berjam-jam semasa kecil. Lalu, lakukan aktivitas tersebut dengan modifikasi sesuai usia kita saat ini.

Mengunjungi Tempat Baru

Berkelilinglah ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kita bisa ke pasar tradisional, toko kerajinan, atau toko perkakas. Kita mungkin menemukan sesuatu yang benar-benar baru dan menarik untuk ditekuni sebagai hobi. Jangan takut untuk melakukan aktivitas yang biasanya kita hindari. Jika biasanya tidak tertarik pergi ke museum, sesekali cobalah datang ke museum terdekat. Bisa jadi kita menemukan hobi baru yang tidak terduga.

Jangan Membatasi Diri

Mungkin kita sering memberi cap pada diri sendiri. Cara lain menemukan hobi baru adalah dengan melangkah keluar zona nyaman. Mungkin, kita selalu ingin bisa bermain gitar atau menari tetapi merasa tidak berbakat. Coba saja ikuti kelas dan mungkin saja kita sebenarnya berbakat dan bisa menjadikannya hobi baru yang menyenangkan.


Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar