Selalu merasa diawasi teen? (dok.unspash)

Sering Merasa Diawasi Orang Lain Saat Sendiri? Ternyata Ini Penyebabnya

Beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami perasaan seperti ada seseorang yang melihat ke arah kalian. Biasanya kalian akan reflek mencari orang tersebut. Nyatanya tidak ada orang yang memperhatikan kalian.

Banyak orang menghubungkan hal ini dengan sesuatu yang gaib. Padahal, perasaan seperti ini bisa berhubungan dengan reaksi otak kita. Otak kita akan secara otomatis bereaksi dan memberikan isyarat jika ada orang yang memperhatikan kita.

Selalu merasa diawasi teen? (dok.unspash)
Selalu merasa diawasi teen? (dok.unspash)

Menurut National Geographic, setiap manusia memiliki sistem yang dinamakan Sistem Deteksi Tatapan (Gaze Detection System). Sistem ini memunculkan perasaan seolah-olah sedang diperhatikan oleh orang lain.

Pernah merasa diawasi orang? (dok.freepik.com)
Pernah merasa diawasi orang? (dok.freepik.com)

Sebuah studi mengungkapkan bahwa saat kita merasa ada yang memperhatikan, sel-sel di tubuh kita akan secara otomatis hidup. Namun, kinerja sistem ini disebut berbeda dari satu orang ke orang lain.

Hal itulah yang menyebabkan rasa sensitif setiap orang berbeda-beda. Bisa jadi saat kamu merasa ada orang yang sedang memperhatikanmu, temanmu yang lain justru tidak merasakan hal tersebut.


Last Editor : Sarah Christiani
Komentar