Ini tips ujian saat bulan puasa (dok. freepik)

Ujian Saat Bulan Puasa? Lakukan 4 Hal Ini Agar Tetap Fokus

Ujian di bulan puasa memang terdengar cukup berat tapi kalian bisa melakukan 4 hal ini agar tetap fokus lho Teens. 

Bagi seorang siswa tentunya melakukan ujian adalah suatu kewajiban. Jadi saat akan melakukan ujian sebaiknya kalian bersungguh-sungguh melakukannya ya Teens. 

Nah agar tetap fokus saat ujian selama di bulan puasa, coba deh lakukan 4 hal ini.

Hindari begadang

Begadang saat akan ujian benar-benar tak dianjurkan karena hanya bisa membuat kalian lelah. Meskipun kalian mengaku begadang hanya karena untuk belajar tapi belajar semalaman dan nggak ada waktu istirahat juga nggak baik lho. Jadi lebih baik kalian tidur cepat dan saat kalian bangun sahur bisa kembali belajar sedikit Teens. 

Hindari begadang ya Teens! (dok. freepik)
Hindari begadang ya Teens! (dok. freepik)

Perkaya konsumsi serat dan protein

Saat melakukan ujian di bulan puasa tentu saja kita juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik kan Teens. Nah agar tubuh selalu sehat lebih baik kalian perbanyak mengonsumsi serat dan protein ya.

Saat sahur jangan lupa makan sayur dan buah karena kedua jenis makanan itu bisa mengenyangkan lebih lama dan baik untuk kesehatan. Jangan lupa juga konsumsi banyak air ya agar tubuh tak dehidrasi. 

Belajar setelah ibadah Subuh

Setelah sholat Subuh biasanya kita akan kembali tidur, tapi saat kalian akan melakukan ujian lebih baik jangan melakukannya dulu ya. Setelah sholat Subuh sebaiknya kalian kembali belajar ya Teens karena belajar di pagi hari juga bisa lebih efektif daripada kalian belajar tengah malam hingga begadang lho. 

Abis ibadah shalat subuh, usahakan jangan tidur lagi (dok. freepik)
Abis ibadah shalat subuh, usahakan jangan tidur lagi (dok. freepik)

Pulang lebih cepat

Setelah kalian melaksanakan ujian sebaiknya janganlah main dulu dan segera pulang lebih cepat ya Teens. Saat pulang lebih cepat kalian bisa menggunakan waktunya untuk beristirahat dan belajar lho.

Jika diajak teman untuk main, lebih baik kalian tolak dulu saat masih dalam minggu ujian. Lebih baik gunakan waktu untuk beristirahat agar kalian bisa lebih fokus saat belajar ya. 

Itulah 4 hal yang bisa kalian lakukan untuk tetap fokus saat menjalani ujian di bulan puasa ini Teens, yuk tetap semangat dan semoga lancar ya ujiannya!


Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar