Ini tips mengusir rasa kantuk menghadapi SBMPTN Teens (dok. freepik)

Berikut 4 Tips Ampuh Usir Rasa Kantuk Ketika Ujian SBMPTN!

Banyak mahasiswa sedang menjalani tes masuk perguruan tinggi yang juga disebut SBMPTN. Ketika ujian, berlangsung, bukan hal yang aneh jika rasa kantuk selalu menyerang kita.

Rasa kantuk itu sendiri seringnya datang ketika badan kita lelah, kurang istirahat atau mungkin karena bosan.

Ada beberapa tips berikut yang bisa kamu terapkan supaya nggak gampang ngantuk ketika sedang ujian SBMPTN

Jaga Pola Tidur

Sebelum ujian, pastikan istirahat dengan baik dan hindari begadang hingga larut malam. Hal itu akan membuatmu mudah merasa ngantuk ketika menghadapi ujian. Jika sudah merasa ngantuk, konsentrasimu akan menurun. Maka dari itu, cobalah tidur lebih awal agar kamu juga bisa bangun lebih pagi.

Perhatikan pola tidur kamu Teens (dok. freepik)
Perhatikan pola tidur kamu Teens (dok. freepik)

Jaga Pola Makan

Selain menjaga pola tidur, kamu juga perlu menjaga pola makan. Biasakan sarapan setiap paginya supaya kamu bisa lebih fokus ketika mengerjakan ujianmu. Disisi lain, pola makan yang baik juga bisa membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat.

Makan Cokelat

Bagi kamu yang mencoba melawan rasa kantuk di detik-detik terakhir sebelum masuk ruang ujian SBMPTN, makan cokelat sangat dianjurkan. Makan cokelat dapat membantumu mengubah mood, mengusir rasa kantuk hingga menurunkan tingkat stress. 

Mengonsumsi cokelat dapat membantu mengusir rasa kantuk Teens (dok. freepik)
Mengonsumsi cokelat dapat membantu mengusir rasa kantuk Teens (dok. freepik)

Memotivasi Diri Sendiri

Jika keempat tips diatas sudah kamu lakukan dan rasa kantuk tetap tidak mau hilang, cobalah untuk memotivasi dirimu. Kamu bisa mulai memotivasi diri dengan merancang to-do-list dan not-to-do-list. Hal itu secara otomatis akan mengingatkanmu untuk selalu produktif dan tidak bermalas-malasan, apalagi jika kamu akan memasuki jenjang perkuliahan.


Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar